Jakarta I linkbisnis.co.id - Umpan balik (feedback) merupakan salah satu bagian yang penting dari sebuah website, terutama karena para pengunjung seringkali menjadikan ulasan online sebagai acuan dan bahan pertimbangan dalam membuat keputusan sebelum membeli sebuah produk atau layanan.
Selain itu, ulasan online juga bisa menjadi kesempatan bagi sebuah bisnis untuk melihat kinerjanya dan menyesuaikan dengan tren pelanggan terbaru. Berikut ini beberapa poin penting dari Verisign, sebuah perusahaan penyedia nama domain global, untuk membantu memahami pentingnya ulasan dari pelanggan dan bagaimana manfaat ulasan tersebut untuk bisnis Anda.
1. Mendengar Pelanggan
Jika pelanggan memiliki pengalaman positif dengan bisnis Anda dan ingin memberi tahu tentang hal itu, sebaiknya Anda memberi ruang pada situs web Anda agar mereka dapat melakukannya. Selain bisa memudahkan Anda untuk terlibat dengan pelanggan yang puas, hal ini juga menunjukkan bahwa Anda telah memberi nilai lebih atas produk atau layanan mereka, dan juga menghargai pelanggan Anda.
Selain itu, dengan memberikan ruang bagi pelanggan untuk berbagi dan memberi tahu tentang pengalaman negatif mereka di situs web Anda, memungkinkan Anda terlibat langsung dengan pelanggan dan mencari tahu masalahnya, serta menemukan cara untuk dapat memperbaiki situasinya.
Perlu diingat, memiliki tempat untuk ulasan sama sekali tidak relevan jika tidak ada yang merespons komentar, pertanyaan dan umpan balik. Jadi, penting bagi Anda untuk mengelola bagian ulasan atau umpan balik dari situs Anda secara konsisten dan penuh pertimbangan.
2. Biarkan Mereka Bicara
Pada umumnya orang lebih cenderung berbagi pengalaman buruk, bukan pengalaman yang bagus. Memiliki tempat di situs web agar mereka dapat berkomunikasi dengan Anda secara langsung, dapat secara signifikan mengurangi potensi penyebaran komentar negatif dan mengurangi risiko pelanggan melampiaskan frustrasi mereka di media sosial seperti Twitter atau Facebook.
3. Jalin Hubungan dengan Pelanggan
Menjalin hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan di luar batas-batas situs web juga terbukti sangat bermanfaat. Membuat akun Facebook atau Twitter dapat menyediakan media alternatif yang dapat menghubungkan pelanggan dengan brand Anda, menjalin hubungan dengan pelanggan, serta menciptakan komunitas dan mendorong terciptanya advokat brand.
4. Semua Pihak Diuntungkan
Bila Anda mengajak pelanggan untuk menilai atau meninjau produk Anda, pada dasarnya Anda menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk klien di masa depan. Tinjauan yang bagus menghasilkan lebih banyak pembelian, sementara ulasan negatif memungkinkan Anda menilai, menyesuaikan, dan menunjukkan kepedulian kepada konsumen. Dengan begini, baik konsumen dan brand akan sama-sama mendapatkan keuntungan.
By : Djunaedy
Sumber : BeritaSatu.com
Selain itu, ulasan online juga bisa menjadi kesempatan bagi sebuah bisnis untuk melihat kinerjanya dan menyesuaikan dengan tren pelanggan terbaru. Berikut ini beberapa poin penting dari Verisign, sebuah perusahaan penyedia nama domain global, untuk membantu memahami pentingnya ulasan dari pelanggan dan bagaimana manfaat ulasan tersebut untuk bisnis Anda.
1. Mendengar Pelanggan
Jika pelanggan memiliki pengalaman positif dengan bisnis Anda dan ingin memberi tahu tentang hal itu, sebaiknya Anda memberi ruang pada situs web Anda agar mereka dapat melakukannya. Selain bisa memudahkan Anda untuk terlibat dengan pelanggan yang puas, hal ini juga menunjukkan bahwa Anda telah memberi nilai lebih atas produk atau layanan mereka, dan juga menghargai pelanggan Anda.
Selain itu, dengan memberikan ruang bagi pelanggan untuk berbagi dan memberi tahu tentang pengalaman negatif mereka di situs web Anda, memungkinkan Anda terlibat langsung dengan pelanggan dan mencari tahu masalahnya, serta menemukan cara untuk dapat memperbaiki situasinya.
Perlu diingat, memiliki tempat untuk ulasan sama sekali tidak relevan jika tidak ada yang merespons komentar, pertanyaan dan umpan balik. Jadi, penting bagi Anda untuk mengelola bagian ulasan atau umpan balik dari situs Anda secara konsisten dan penuh pertimbangan.
2. Biarkan Mereka Bicara
Pada umumnya orang lebih cenderung berbagi pengalaman buruk, bukan pengalaman yang bagus. Memiliki tempat di situs web agar mereka dapat berkomunikasi dengan Anda secara langsung, dapat secara signifikan mengurangi potensi penyebaran komentar negatif dan mengurangi risiko pelanggan melampiaskan frustrasi mereka di media sosial seperti Twitter atau Facebook.
3. Jalin Hubungan dengan Pelanggan
Menjalin hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan di luar batas-batas situs web juga terbukti sangat bermanfaat. Membuat akun Facebook atau Twitter dapat menyediakan media alternatif yang dapat menghubungkan pelanggan dengan brand Anda, menjalin hubungan dengan pelanggan, serta menciptakan komunitas dan mendorong terciptanya advokat brand.
4. Semua Pihak Diuntungkan
Bila Anda mengajak pelanggan untuk menilai atau meninjau produk Anda, pada dasarnya Anda menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk klien di masa depan. Tinjauan yang bagus menghasilkan lebih banyak pembelian, sementara ulasan negatif memungkinkan Anda menilai, menyesuaikan, dan menunjukkan kepedulian kepada konsumen. Dengan begini, baik konsumen dan brand akan sama-sama mendapatkan keuntungan.
By : Djunaedy
Sumber : BeritaSatu.com